Senin, 19 Oktober 2015

Sistem Yang Ada Pada PT. TELKOM INDONESIA

     Perusahaan PT.TELKOM INDONESIA memiliki beberapa sistem operasi yang digunakan untuk mengoprasikan perusahaan. Diantara sistem tersebut ialah Transaction process system yang digunakan untuk memproses kegiatan transaksi perusahaan. Kegiatan tersebut berupa proses penjualan, proses pembayaran, proses pembelian, proses penyimpanan, proses penagihan, dan proses pemeliharaan. Pada tahun 2008 Telkom mengeluarkan sistem terbarunya yaitu “Telkom E-Service” untuk meningkatkan mutu perusahaan dan untuk dapat meningkatkan pelayanan terhadap customer.
     
     Sistem operasi lain yang digunakan oleh PT TELKOM INDONESIA ialah sistem media intranet yaitu sistem komunikasi online terbatas yang dapat digunakan hanya dalam ruang lingkup perusahaan. Yang hanya dapat diakses oleh karyawan-karyawan perusahaan untuk sharing informasi. Beberapa fitur yang digunakan oleh intranet PT.TELKOM yaitu:
  • Single sign-on yang berarti satu akun dapat mengakses berbagai aplikasi yang terdapat pada intranet perusahaan.
  • Menu default ialah menu standar yang dapat diakses sesuai kebutuhan.
     Sistem informasi manajemen yang digunakan Telkom ialah Website Human Capital dan General Affairs yang dapat diakses semua karyawan untuk mempermudah koordinasi kebijakan dan sosialisasi bisnis pada perusahaan. Telkom mengembangkan berbagai macam layanan SDM berbasis TI sejak tahun 2009 sampai saat ini. Setiap divisi pada PT.TELKOM menggunakan sistem informasi menajemen seperti sistem informasi pemasaran, sistem informasi akutansi, sistem informasi pergudangan, dan sistem informasi HR Departemen.

     Sistem Pengambilan Keputusan yang digunakan untuk perubahan asumsi terhadap sistem yang digunakan pada PT.TELKOM yang diambil langsung melalui data dan fakta yang berada dilapangan. Sistem Pengolahan Khusus dalam implementasinya pengelolaan pengetahuan difokuskan untuk menciptakan nilai bisnis yang menghasilkan keunggulan kompetitif yang berkesinambungan dengan mengoptimalkan proses penciptaan, berbagi, dan pemanfaatan pengetahuan yang dibutuhkan untuk perusahaan.

sumber : marza51.blogstudent.mb.ipb.ac.id/files/2014/03/SIM-TELKOM.pdf


Tidak ada komentar:

Posting Komentar