Minggu, 27 Januari 2019

Tugas 1 - Inovasi SI & Teknologi Informasi Modern

Aplikasi Mobile adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan mobilitas dengan menggunakan perlengkapan seperti PDA, telepon seluler atau Handphone. Dengan menggunakan aplikasi mobile, Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai macam aktifitas mulai dari hiburan, berjualan, belajar, mengerjakan pekerjaan kantor, browsing dan lain sebagainya. Pemanfaatan aplikasi mobile untuk hiburan paling banyak digemari oleh hampir 70% pengguna telepon seluler, karena dengan memanfaatkan adanya fitur game, music player, sampai video player membuat kita menjadi semakin mudah menikmati hiburan kapan saja dan dimanapun.

J2ME adalah satu set spesifikasi dan teknologi yang fokus kepada perangkat konsumen. Perangkat ini memiliki jumlah memori yang terbatas, menghabiskan sedikit daya dari baterei, layar yang kecil dan bandwith jaringan yang rendah.
Karateristik dari perangkat mobile, dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi pengembangan program untuk perangkat ini. Kita akan diperkenalkan kepada Java 2 Mobile Edition (J2ME), termasuk pentingnya configuration dan profilenya.
Pada akhir bab ini, pelajar diharapkan dapat menguasai :
·Mengidentifikasi karakteristik dari perangkat mobile
·Menjelaskan arsitektur J2ME
·Mengetahui peran atau aturan configuration dan profile
·Mengidentifikasi API yang disediakan oleh MIDP
·Menjelaskan daur hidup MIDlet

Banyak media yang dapat digunakan untuk melakukan sebuah komunikasi. Semakin berkembangnya teknologi, semakin mudah pula proses komunikasi. Jika dulu orang perlu surat menyurat untuk dapat berhubungan dengan teman yang letaknya jauh, sekarang tidak lagi. Dari menggunakan merpatipos, telegraf, telegram, telepon, pager, hingga akhirnya manusia menemukan handphone (telepon genggam), sampai internet yang membantu pertukaran informasi dengan sangat cepat. Sekarang pun muncul sebuah perangkat dengan isitlah smartphone. Ponsel pintar (smartphone) adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Seiring meningkatnya gaya hidup masyarakat modern, gadget sudah sangat menyatu dengan kehidupan sosial masyarakat seakan orang tidak bisa lepas darinya. Bahkan Indonesia kini tengah menduduki peringkat kelima sebagai negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia. 

Martin Niens, selaku digital specialist dari Arcade menyatakan bahwa sekitar 80 persen dari masyarakat perkotaan di Indonesia memiliki perangkat ponsel khususnya smartphone atau ponsel pintar. Kondisi ini dalam pantauan Martin disebabkan kesadaran masyarakat di negara berkembang yang semakin meningkat akan akses informasi. Juga sebagian besar menjadi sarana mengekspresikan diri di media sosial. Semua orang ingin terhubung dengan internet secara mudah dan mengakses berbagai informasi termasuk melalui ponsel pintar. Gadget pun dimiliki oleh semua kalangan masyarakat, tidak hanya kelas menengah keatas. Semua lapisan masyarakat sekarang dapat membeli gadget.

Dilihat dari hasil survey bahwa smarpthone yang berbasis android memiliki penjualan yang lebih tinggi dibanding dengan iOS. Head of VAS, Aplications and Device Management Group Telkomsel, Gideon Edi Purnomo juga mengatakan, bahwa 'Pengguna Android di Indonesia tumbuh signifikan dari akhir tahun 2011 pengguna Android baru sekitar 170 ribu, sekarang mencapai 2,5 juta atau mengalami kenaikan hingga 15 kali lipat dan masih akan mengalami kenaikan tinggi. Faktor kuat yang menyebabkan signifikannya penjualan android disebabkan dari harga jual android yang semakin lama semakin murah dan harganya terjangkau sehingga membuat kbanyaan orang lebih memilih android. Menurut majalah gadget online "CHIP", Android juga telah meninggalkan para kompetitornya, seperti iOS, Windows Phone, dan BlackBerry tentunya.  

Gadget memberikan kemudahan mendapat informasi secara tidak terbatas. Karena kehebatan itulah banyak produsen-produsen yang menggunakannya sebagai media promosi. Promosi memiliki tujuan, antara lain : 
1. Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial 
2. Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba 
3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan 
4. Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar 
5. Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing 
6. Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan. 
7. Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen Namun, masih banyak produk-produk yang memberi inform
asi promosinya hanya melalui media tertentu saja. 

Contoh media itu berupa koran, majalah, sosial media (seperti Instagram, Ttwitter, Kako Talk, dll ), official account dari produk itu sendiri. Sedangkan beberapa orang yang tidak memiliki media-media itu tidak dapat menerima informasi, sehingga membuat informasi yang diberi hanya diterima oleh beberapa orang yang khusus dan tertentu saja (tersegmeentasi). Contohnya, Starbuck memberi informasi tentang promonya lewat email, dan penerima email hanyalah orang yang terdaftar dalam member Starbuck saja, sedangakan orang di luar member tidak menerima informasi itu secara langsung. Dapat dilihat bahwa beberapa produk tersebut terlihat eksklusif. 

Banyaknya promo di kalangan masyarakat dapat membuktikan bahwa masyarakat memiliki kecenderungan mencari discount atau harga yang murah. Event-event nasional maupun internasional pun banyak digunakan sebagai ajang dan kesempatan untuk berpromosi. Namun tidak menutup kemungkinan promosi juga tetap diadakan saat tidak ada event besar sekalipun. Begitu beragam produkproduk yang didiskon di sekitar kita, kuliner salah satunya. Kuliner atau makanan merupakan kebutuhan hidup manusia yang utama. Selain begitu banyaknya macam kuliner, beragam promo pun begitu gencar diadakan di Surabaya. Beberapa contoh seperti Starbuck contohnya, Starbuck memberi promo buy one get one dalam rangka memperingati Valentine Day; Caloria memberi diskon 30% saat soft opening; dan masih banyak lagi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa para produsen mengadakan promosi begitu banyak untuk menarik pengunjung karena melihat kecenderungan masyarakat Surabaya yang mencari tempat makan atau makanan yang didiskon. 

Mengingat juga bahwa Surabaya juga merupakan kota wisata yang dikunjungi banyak pengunjung dari bermacam-macam kota. Juga tidak sedikit pula orang luar yang merantau di Surabaya dimana mereka tidak 100% tahu tentang Surabaya, bahkan tidak tahu apaapa tentang lokasi-lokasi atau informasi-informasi tentang Surabaya. Sehingga mereka memerlukan petunjuk atau informasi dari orang lain. Sesuai dengan angket atau survey yang diberikan, didapati bahwa 90 persen dari 30 orang tertarik untuk men-download jika aplikasi tersebut di realisasikan danmerasa perlu akan adanya aplikasi yang membantu memberi mereka informasi tenteang promo kuliner di surabaya, dengan alasan karena mereka dapat dengan mudah mendapat informasi yang mereka butuhkan dan juga sebagai referensi pilihan dari tempat makan yang ingin mereka kunjungi. Oleh karena itu dengan merembahnya gadget atau smartphone di kalangan masyarakat Surabaya yang cenderung mencari produk kuliner yang berdiskon atau memiliki promo-promo yang menarik, maka perancangan mobile apps tentang informasi promo kuliner di Surabaya ini diharapkan berdampak dan bermanfaat banyak kepada masyarakat, khususnya masyarakat Surabaya sendiri. 

Rumusan Masalah 
Bagaimana merancang mobile apps tentang informasi promo kuliner di Surabaya? 

Tujuan Perancangan 
Merancang mobile apps tentang informasi promo kuliner di Surabaya. 

Pembahasan
Kebanyakan para user mendapat informasi tidak dari tempat makan tersebut, tetapi dari teman yang mengetahui informasi tersebut secara sengaja (mencari sendiri) ataupun tidak sengaja (melalui billboard-billboard atau pengumuman di jalan atau Instagram, dan sebagainya). Masalah yang dihadapi lainnya adalah mereka sering mendapat informasi promo yang sudah tidak berlaku lagi. Sehingga saat sampai di Restoran tersebut promosi sudah tidak di berikan lagi. Masalah lain seperti spanduk yang tidak dicopot setelah promo berkahir, sehingga para konsumen seringkali tertipu. 

Tinjauan Promosi 
Banyak sekali produk-produk disekitar kita. Dan tanpa kita sadari pula, tidak 100% semua produk itu kita kenal dan ketahui. Produk-produk tidak akan dikenal oleh masyarakat jika tidak adanya sebuah promosi. Promosi adalah usaha-usaha upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengharapkan kenaikannya angka penjualan. 

Simpulan 
Dari analisis serta data-data yang didapat bisa dilihat bahwa banyak masyarakat khususnya mahasiswa di Surabaya membutuhkan aplikasi yang dapat membantu mereka untuk menemukan rumah makan yang enak sesuai dengan keingingan mereka dengan harga yang didiskon atau lebih murah dari biasanya. Selain untuk membantu masyarakat khususnya mahasiswa, juga dapat menjadi media baru yang dapat diperkenalkan kepada masyarakat dan menjadi potensi bisnis, tetapi tetap untuk mengatasi masalah yang ada. Media ini harus dirancang semenarik mungkin dan pemberian informasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat agar selain menarik perhatian masyarakat juga berjalan sesuai dengan kegunaan yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar