Senin, 17 Maret 2014

Perjalanan Menuju Universitas

     Oke kali ini gue mau cerita tentang perjuangan gue setelah lulus dari SMA. Dulu waktu di sekolah, pas SNMPTN gue milih empat prodi. Disitu ada dua universitas yang gue mau, yaitu IPB sama UIN. Dulu gue maaaaau banget masuk IPB, gak tau kenapa kayanya enak gitu masuk sana. Waktu itu gue pilih jurusan ilmu gizi sama teknologi pangan. Hmmmm.... mungkin pilihan gue kali salah kali ya, jurusan itu banyak banget peminatnya. Singkat kata singkat cerita dari jurusan  itu semu gue gak ada yang keterima dan di UIN pun juga begitu gak keterima juga haha.

     Terus dulu pernah dapet kesempatan buat masuk PNJ. Ya karna dulu tuh dari setiap kelas XII yang nilainya bagus dapet kesempatan dari PNJ lewat jalur prestasi. Yap alhamdulillah gue salah satunya yang dapet kesempatan itu. Dulu gue milih multimedia. Tapi apalah daya, saingan dari sekolah lain banyak dan gue pun gak lolos buat masuk PNJ.

      Terus lagi, sama kaya PNJ lewat jalur prestasi gue dapet kesempatan juga buat ke UIN. Disitu banyak banget prodinya, kalo gak salah ada 6 prodi. Tapi ya mungkin emang bukan jalan gue buat lewat jalur prestasi, dan alhasil pun gue gagal juga masuk UIN .

    Yaaaaa...lewat jalur prestasi gagal semua. Sedih mah pastilah kalo tau kita gak lolos. Tapikan ada pepatah “Banyak jalan menuju roma”. Oke dari situ gue coba buat ikut SBMPTN. Udah ada niat ikut SBM, gue belajarlah. Tapi ya gitu belajarnya rada niat gak niat. Mau perang tapi kurang amunisilah istilahnya. Waktu SBM bisa di bilang itu banyak perjuangannya ya. Kenapa gitu? Ya karna pas daftar SBM, terus tau letak lokasi buat ujiannya ternyata dapet di jakarta timur juga. Seneng dong jakarta timur berarti kan gak jauh ya. Eh ternyata itu semua salah besar. Sebelum hari H gue survei tempatnya daaaaaaan itu lumayan jauh banget. Dan kalo pagi itu rawan banget sama macet. Tapi ya namanya buat masa depan gue jalanin deh semua itu.

     Pas SBM gue milih UNJ semua. Karna gak boleh keluar kota dan jauh-jauh alhasil di jakarta itu kan paling ada UI, UIN sama UNJ. Kalo UI? Mau sih masuk situ, tapi apa bisa lewat jalur SBM? Udah pesimis duluan sih, jadi gak milih UI deh. Kalo UIN? Itu lumayan jauh. Kalo kuliah pulang pergi ya capeklah pasti. Nah makanya gue milih UNJ yang gak jauh-jauh bangetlah dari rumah karna kampusnya kan di a Rawamangun.

     Selesai dua hari test SBM akhirnya gue nunggu hasil tuh. Bedoa banget bisa masuk UNJ. Pas hari pengumuman ternyataaaaaaa.... sama dengan yang lain gue pun gak lolos. Udah mulai putus asa tuh buat masuk PTN. Udah kepikiran buat masuk PTS, tapi ada satu jalur lagi tuh, namanya UMB. Di UMB gue masih kekeh juga milih UNJ, yaudah kan pas daftar gue milih UNJ lagi, dan pas tau lokasi ujiannya ternyata di kampus UNJ gedung B. Yaudahlah ya itu deket di rawamangun juga.

      Pas hari H sama lah kaya SBM soalnya ya begitu, mayan banget bikin muter otak haha. Selesai test UMB yaudahlah cuma bisa berdoa semoga lolos deh mau di jurusan apapun yang penting dapet PTN. Itu doang yang dulu gue fikirin. Terus bilang sama mama, kalo gak lolos juga gimana mah? Masuk UHAMKA apa Gunadarma nih? Dan mama pun nyerahin semuanya ke gue.

      Pas udah hari pengumuman, ternyata eh ternyata sama aja kaya yang lain gue gak lolos juga pemirsah huhuhuuu sedih banget kan udah nyoba berapa kali tapi semuaaaaanya gagal. Yaudahalah akhirnya gue memutuskan buat masuk Gunadarma lewat jalur mandiri.

      Udah deh sampe sini aja capek juga ceritanya haha. Ya so intinya ya, kalo lo mau masuk universitas lo harus belajar sungguh-sungguh jangan mau-mau enggak-enggak. Di bilang nyesel ya nyesel sih kenapa dari dulu kebanyakan mainnya di banding belajarnya. Tapi ya nasi udah jadi bubur. Semuanya udah terjadi. Sekarang mah bisa jalanin aja yang udah ada. Dan berdoa semoga kedepannya bisa jadi yang terbaik dan bisa sukses. Amin ya Allah;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar