Sabtu, 09 November 2013

Kemampuan Manajerial

     Keterampilan manajemen adalah kemampuan menggunakan pengetahuan, perilaku dan bakat dalam melaksanakan tugas. Keterampilan dapat dipelajari dan dikembangkan melalui pengalaman, pelatihan dan praktek.

Menurut Robet Katz, keterampilan manajemen dikelompokan menjadi 3 yaitu :
  1. Teknis
  2. Hubungan Manusia
  3. Konseptual
Keterampilam Teknis adalah kemampuan menghasilkan produk atau menyediakan jasa. Pada umumnya keterampilan ini merupakan bekal bagi manajer pada tingkatan yang lebih rendah. Contoh pekerjaan keterampilan teknis yaitu memperbaiki mesin, membuat kursi, akuntansi, dsb.

Keterampilan hubungan manusia adalah berkaitan dengan kemampuan berhubungan dan berinteraksi dengan subordinat, anggota kelompok, atasan dan konsumen atau pelanggan. Komunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahannya, agar membuat karyawan merasa dihargai dan kemudian mereka bersikap terbuka terhadap atasannya.

Keterampilan konseptual adalah kemampuan manajer mengorganisasikan dan mengintegrasikan informasi agar dapat dimengerti lebih baik oleh keseluruhan organisasi. Keterampilan konseptual penting khusus bagi tingkat manajemen eksekutif.

     Virginia Boehm melakukan studi ekstensif mengenai keterampilan manajerial dengan meneliti 1000 manajer dari semua tingkat pada Sohio Corporation. Boehm minta pada tiap manajer untuk melaksanakan keterampilan dan kemampuan apa yang mereka pergunakan untuk mencapai tujuan pekerjaan. Hasil studi tersebut tergambar di dalam tabel berikut ini :




Hasil studi diatas menunjukkan bahwa keterampilan antara personal merupakan kegunaan yang sedang-sedang saja. Enam keterampilan teratas yang sangat diperlukan manajer adalah berkaitan dengan pemecahan masalah dan pembaruan. Dengan menggunakan studi tersebut organisasi akan maju dengan cepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar