Sabtu, 09 November 2013

Lingkungan Manajemen

Definisi Lingkungan
Lingkungan adalah istilah yang mencakup segala makhluk hidup dan tidak hidup di alam yang ada di bumi atau bagian dari bumi, yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan manusia yang berlebihan.

Lingkungan manajemen yaitu unsur-unsur diluar organisasi yang sebagian besar tidak dapat dikendalikan dan di pengaruhi dalam pembuatan keputusan seorang manajer.

Definisi Lingkungan Eksternal menurut para ahli :
  • Menurut Chuck Williams, lingkungan eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk mempengaruhi perusahaan.
  • Menurut T. Hani Handoko, linkungan eksternal terdiri dari unsur-unsur di luar perusahaan yang sebagian besar tak dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer.
  • Menurut James A.F. Stoner, lingkungan eksternal terdiri atas unsur-unsur yang berada di luar suatu organisasi yang relevan pada kegiatan organisasi itu.

Faktor Lingkungan Eksternal Mikro dan Makro
Lingkungan eksternal terdiri atas unsur-unsur yang berbeda di luar organisasi, dimana unsur-unsur ini tidak dapat dikendalikan dan diketahui terlebih dahulu oleh manajer. Disamping itu juga akan mempengaruhi manajer di dalam pengambilan keputusan yang akan dibuat. Unsur-unsur lingkungan eksternal contohnya yaitu perubahan perekonomian, peraturan pemerintah, perilaku konsumen atau masyarakat, perkembangan teknologi, politik dan dsb.

Lingkungan eksternal dapat dibagi menjadi tiga subkategori yang saling terkait yaitu faktor-faktor dalam lingkungan jauh, faktor-faktor dalam lingkungan industri dan faktor-faktor dalam lingkungan operasi.
Gambar dibawah memperlihatkan keterkaitan antara perusahaan dengan lingkungan jauh, lingkungan industri dan lingkungan operasi.


Tanggung Jawab Sosial Manajer
Perubahan konsep manajerial dipengaruhi oleh intern dan ekstern. Seorang manajer mempunyai tanggung jawab sosial atas keputusan-keputusan yang diambil, mengapa dikatakan demikian karena mempengaruhi dalam pencapaian tujuan organisasi baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Disamping itu juga menyangkut hajat hidup orang banyak yang kesemuanya menggantungkan dirinya kepada organisasi tersebut. Atas dasar ini maka seorang manajer dituntut untuk dapat mengimplementasikan etika berusaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar