Selasa, 05 November 2013

Manajer dan Konsep Manajemen

     Manajer adalah seorang pemimpin perusahaan yang mampu bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan perusahaan atau berjalannya aktivitas manajemen dalam perusahaan.
     Manajer sebagai pengambil keputusan sangatlah memerlukan informasi, karena adanya perbedaan tugas maka informasi yang diperlukan juga akan berbeda. Perbedaan tersebut terjadi karena adanya periode waktu, tingkat ketidakpastian, tipe informasi, dasar kebutuhan dan bentuk pelaporan.

Tugas pokok manajer dalam sebuah perusahaan yaitu :

  • Memberi instruksi untuk melaksanakan pekerjaan. 
  • Mengawasi pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
  • Melatih pegawai untuk melaksanakan tugasnya.
  • Mengembangkan metode-metode baru untuk melaksanakan pekerjaan.
Tingkatan Manajemen 

Pada organisasi berstruktur tradisional, tungkatan manajemen biasanya dibedakan menjadi tiga, yaitu :


1. Top Manager
Top manager adalah manager puncak, dikenal juga dengan istilah executive officer. Top manajer bertugas untuk memimpin perusahaan secara keseluruhan, merencanakan kegiatan starategi perusahaan secara umum dan mengarahkan jalannya perusahaan. Contoh top managemen yaitu CEO (Chief Executive Officer), CIO (Chief Information Officer) dan CFO (Chief Financial Officer).

2. Middle Manager
Middle Manager adalah manager menengah. Manajer ini mencakup semua manajemen yang berada di antara manajer lini pertama dan manajemen puncak. Middle manajer bertugas sebagai penghubung antara keduanya atau memimpin pekerjaan di berbagai bidang. Contoh middle manger yaitu kepala bagian, pemimpin proyek, manajer pabrik atau manajer divisi. 

3. First Line Manager
Firs Line Manager adalah manager lini pertama, dikenal juga dengan istilah manajemen operasional. Manajemen ini adalah manajemen paling rendah yang bertugas memimpin dan mengawasi karyawan non-manajerial yang terlibat dalam proses produksi. contoh first line manager yaitu supervisor, manajer shift, manajer area, manajer kantor, manajer departemen atau mandor (foreman).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar