Rabu, 20 November 2013

Perencanaan

Pengertian Perencanaan

Perencanaan adalah cara berpikir mengenai persoalan-persoalan ekonomi terutama berorientasi pada masa datang, berkembang dengan hubungan antara tujuan dan keputusan-keputusan kolektif dan mengusahakan kebijakan dan program.
Definisi lain dari perencanaan adalah pemikiran hari depan, perencanaan berarti pengolahan, pembuatan keputusab, suatu prosedur yang formal untuk memperoleh hasil nyata dalam berbagai bentuk keputusan menurut sistem yang terintegrasi

Beberapa pengertian perencanaan menurut para ahli :
  1. Wilson, Perencanaan merupakan salah satu proses lain atau merubah suatu keadaan untuk mencapai maksud yang dituju oleh perencanaan atau oleh orang/badan yang di wakili oleh perencanaan itu. Perencanaan itu meliputi : analisa, kebijakan dan rancangan. 
  2. Gart N. Jone, Perencanaan adalah suatu proses pemilihan dan pengembangan dari pada tindakan yang plaing baik untuk mencapai tugas.
  3. M. Farland, Perencanaan adalah suatu fungsi dimana pimpinan kemungkinan menggunakan sebagian pengaruhnya untuk mengubah dari pada wewenangnya.
  4. Abdulrachman, Perencanaan adalah pemikiran rasional berdasarkan fakta-fakta atau perkiraan yang mendekat sebagai persiapan untuk melaksanakan tindakan-tindakan kemudia.
  5. Siagian, Perencanaan adalah keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang daripada hal-hal yang akan dikerjakan di masa yang akan datang delam rangka pencapaian yang telah ditentukan.
  6. Terry, Perencanaan adalah Pemilihan dan menghubungkan fakta-fakta, membuat serta menggunakan asumsi-asumsi yang berkaitan dengan masa datang dengan menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan tertentu yang diyakini diperlukan untuk mencapai suatu hasil teretentu.
  7. Kusmiadi, Perencanaan adalah proses dasar yang kita gunakan untuk memilih tujuan-tujuan dan menguraikan bagaimana cara pencapaiannya.
  8. Soekartawi, Perencanaan adalah pemilihan alternatif atau pengalokasian berbagai sumber daya yang tersedia.
  9. Cuningham, Perencanaan adalah menyeleksi dan menghubungkan pengetahuan, fakta, imajinasi dan asumsi untuk masa yang akan datang dengan tujuan memvisualisasi dn memformulasin hasil yang diinginkan, urutan kegiatan yang deperlukan dan perilaku dalam mbats-batas yang dapat diterima dan digunakan dalam penyelesaian. 
  10. Prajudi Atmusudirjo, Perencanaan adalah Perhitungan dan penentuan tentang sesuatu yang akan dijalankan dalam mencapai tujuan tertentu, oleh siapa dan bagaimana.
  11. Bintoro Tjokroamidjojo, Perencanaan adalah proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan secara sistem yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar